Banyak orang yang bertanya mengenai Investasi dalam Reksa Dana Dollar. Hal ini terutama ditanyakan saat kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika menguat, sehingga pembelian investasi dalam mata uang tersebut kelihatan lebih murah. Tentu saja, investasi di Reksa Dana Dollar bisa memberikan alternatif investasi bagi kita, akan tetapi kita perlu mengerti lebih mendalam sebelum membeli produk investasi tersebut.

Reksa Dana Dollar, saat ini dapat dibeli pada hampir semua bentuk Reksa Dana. Kita bisa melihat pada daftar Reksa Dana yang umumnya memiliki kata “USD” dalam namanya, di Reksa Dana Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran, Saham, Terproteksi dan Reksa Dana Syariah Efek Global.

Reksa Dana Dollar, menempatkan investasinya pada produk deposito dan obligasi USD yang tersedia di Indonesia. Sementara untuk portofolio sahamnya masih dalam bentuk Rupiah yang sangat terpengaruh oleh perubahan kurs rupiah terhadap dollar Amerika.

Komposisi portofolio Reksa Dana Syariah Efek Global berbeda dengan jenis reksa dana lainnya. Untuk reksa dana umumnya, proporsi investasi di instrumen luar negeri maksimal 15% dari total dana kelolaan. Sementara Reksa Dana Syariah Efek Global menempatkan porsi investasi di instrumen luar negeri minimal sebesar 50% dari total dana kelolaan. Dengan komposisi ini, maka Reksa Dana Syariah Efek Global, tidak memiliki risiko yang tinggi akan pengaruh dari perubahan kurs rupiah terhadap dollar Amerika.

Apakah menguntungkan ber Investasi dalam Reksa Dana Dollar

Apabila kita memilih jenis Reksa Dana biasa, maka hasil investasi kita cukup terpengaruh oleh naik turunnya kurs rupiah terhadap dollar. Apabila Rupiah menguat, maka return investasi kita akan meningkat. Tetapi apabila kurs Rupiah melemah, maka return investasi kita akan turun.

Namun, apabila kita memilih produk Reksa Dana Syariah Efek Global, maka hasil investasi kita akan terpengaruh oleh perkembangan portofolio luar negeri yang dipilih oleh sang Manajer Investasi.

Kapan kita bisa memilih Investasi dalam Reksa Dana Dollar

Apabila kita memilih tujuan keuangan yang perlu menggunakan mata uang Dollar, maka memilih Reksa Dana Dollar bisa membantu kita untuk mensiasati resiko kenaikan dollar disaat kita akan menggunakan dananya.

Disamping itu, Reksa Dana Dollar bisa menjadi pilihan kita, apabila kita ingin melakukan diversifikasi
dalam portofolio investasi kita.

Apabila ingin memilih produk Reksa Dana Dollar sebagai salah satu produk investasi kita, maka perhatikan apakah kita memiliki rekening Dollar untuk transfer dana ataupun sebagai tempat hasil pencairan Reksa Dana. Biaya transfer yang lebih tinggi dibandingkan dalam rupiah, disamping pengurangan nilai karena perhitungan kurs, juga akan cukup berpengaruh dalam return investasi yang kita dapatkan, sehingga pembelian Reksa Dana ini sebaiknya dalam jumlah yang cukup besar, sehingga tidak tergerus oleh biaya biaya tersebut.

Penyebutan produk investasi adalah tidak untuk memberikan penilaian bagus buruk, ataupun rekomendasi pemilihan produk investasi. Pemberian contoh produk investasi adalah untuk lebih menjelaskan akan materi tulisan. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kinerja pada masa yang akan datang.

Masih ingin bertanya tentang produk investasi dan alternatifnya yang sesuai dengan kebutuhan Rencana Keuangan Keluarga ? silahkan kirim email ke tanya@tatadana.com atau hubungi kami di wa 0813 1862 1626.

Tejasari CFP®
Independent Financial Planner
Tatadana Consulting
www.tatadana.com

WhatsApp chat